Thursday, March 31, 2011

Air terjun Riam Berawan

Riam Berawan ini mempunyai satu legenda tersendiri, dahulu kala ada seekor ular raksasa yang sedang bertempur dengan seorang panglima perang masyarakat setempat, karena panglima perang tersebut mempunyai kesaktian yang luar biasa akhirnya ular tersebut mati terpotong-potong. Anehnya potongan tersebut menjelma menjadi sebuah riam yang sangat tinggi.
Terdapat lagi cerita yang sangat unik yaitu adanya penampakan seekor rusa dari tengah riam tersebut yang memancarkan warna keemas-emasan, sehingga sampai sekarang riam ini di kenal dengan riam berawan atau riam emas. Untuk menyusuri air terjun tersebut kita bisa menggunakan sepeda motor  menuju ke Dusun Melayang, Desa Sahan , Kecamatan Seluas. waktu yang di tempuh sekitar 1 jam dengan melewati jalan bebatuan dan tanah kuning yang becek dan licin. medannya sangat sulit dan menyusahkan.

Sesampainya di Dusun Melayang, kalian bisa menitipkan sepeda motor di perkampungan sana sebab untuk menuju ke lokasi air terjun harus di tempuh dengan berjalan kaki sekitar 1 jam. kami berjalan menyusuri hutan, tidak ada penunjuk jalan di sini, untuk itu kalian harus membawa guide masyarakat sekitar jika tidak pasti akan tersesat..


Sesampainya di Air Terjun Berawan saya sempat terdiam takjub memandangi air terjun yang indah ini. hanya satu kata yang terlintas di benak ku yaitu Menakjubkan. ternyata ada Air Terjun seindah ini di Kal-Bar. sungguh ciptaaan tuhan yang sangat mempesona.

Air Terjun setinggi 75 meter ini di kelilingi oleh tebing-tebing yang tinggi dengan tumbuhan-tumbuhan yang masih asri dan segar. tumbuhan lumut ramai melingkari tebing-tebing di sekitar air terjun. 
Percikan air dan hembusan angin yang di hasilkan oleh hempasan air terjun mencapai jarak sekitar 30 meter. jika kita mengeluarkan suara keras atau berisik maka percikan air dan hembusan angin akan bergerak menuju ke arah kita, sungguh fenomena yang sangat unik.
 
Di Riam Berawant ini terdapat 4 riam, yg pertama riam merah,dst saya lupa, maklum saya orangnya pelupa. Lokasi ini juga sudah pernah di jadikan tempat TACCUM ( Temu Alam Cross Country Usai Mid ) Se- Kalimantan Barat yang dilaksanakan oleh anak Gempar FKIP UNTAN Pontianak pada tanggal 4 - 6 februari 2012 sekaligus sebagai promosi ikon wisata yang terdapat di Daerah Kabupaten Bengkayang. Didalam kegiatan TACCUM kami mengikuti kegiatan lomba yang di antaranya Refling,Snapring kering, dan penggunaan kompas. Pada akhir kegiatan tersebut di umumkan pemenangnya kami hanya di peringkat 4. Akhirnya kami pulang dengan mendapat 1 piala tingkat putri yang juara 2.

No comments:

Post a Comment